Working From Home (WFH) dan Tetap Produktif

16 April 2020

Working-From-Home-Tetap-Produktif2

Pandemi virus corona, khususnya COVID-19 telah mengubah kehidupan kita dalam sekejap. "Keadaan stabil" di lingkungan kerja telah terdampak dengan cara yang tidak terduga bahkan sejak sebulan yang lalu. Kita tidak bisa ke kantor dan dikondisikan untuk bekerja dari rumah, jutaan orang dihadapkan pada beberapa situasi dan realitas alternatif melakukan kerja jarak jauh untuk pertama kalinya untuk mencegah virus corona menginfeksi lebih banyak orang.

Pencegahan Virus Corona dengan WFH yang Efektif

Berikut ini adalah beberapa pengalaman Maybank Indonesia yang dapat kami bagikan kepada Nasabah dalam melakukan WFH di masa social distancing ini agar dapat menjadi lebih efektif dan menjadikan Anda lebih produktif:

  • It’s a Real Job
    Meski kita tidak perlu tampil dengan office look untuk bekerja dari rumah Anda, sebaiknya Anda tetap melakukan mandi pagi dan sarapan sebelum memulai WFH selayaknya Anda mempersiapkan diri ke kantor.
  • Set-Up a Home Office
    Mungkin kita masih mempunyai kecenderungan untuk mengenakan piyama dengan laptop di tempat tidur sambil bekerja, hal ini berpotensi untuk Anda tertidur kembali dan akan membuat kita tidak fokus bekerja.  Oleh karena itu, sebaiknya kita menyiapkan tempat khusus atau lokasi/spot untuk kita bekerja di rumah. Pastikan lokasi ini tersedia berbagai fasilitas yang menunjang pekerjaan kita seperti stop kontak hingga kursi yang nyaman dan meja yang diposisikan dengan baik.
  • Double-Up on Communication
    Untuk menjadikan WFH sukses, pastikan kita memiliki ekspektasi yang jelas dan kejelasan pola penerapan komunikasi yang akan kita lakukan bersama atasan/rekan kerja, para mitra dsb. Aplikasi chat seperti WhatsApp atau aplikasi konferensi video seperti Zoom adalah alat yang bisa membantu kita berinteraksi dengan kolega dan mengurangi rasa terisolasi. Jangan lupa, berpenampilan rapi dan profesional saat menggunakan aplikasi ini.
  • Manage Your Time
    Terkadang bekerja dari rumah berarti berjam-jam di depan komputer membalas email, bahkan lebih lama dari kerja biasa. Atur jadwal, dengan istirahat makan siang satu jam, dan pastikan kita tetap sehat dengan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Bekerja terus-menerus tanpa istirahat tidak serta merta membuat kita lebih efektif, mungkin malah membuat lebih cepat lelah. Atasi hal ini dengan lebih baik dan lebih kuat mengingat kondisi ini belum bisa dipastikan akan berakhir dalam waktu dekat. Biasakan diri Anda melakukan yang terbaik.
  • Keep a Positive Vibe
    Meskipun bekerja dari rumah mungkin terdengar seperti kesempatan yang menyenangkan bagi kebanyakan orang, namun hal itu juga bisa sangat berpotensi untuk menimbulkan rasa kesepian dan terisolasi. Tahun lalu, sebuah penelitian terhadap 2.500 pekerja jarak jauh oleh agen pengembangan merek online, Buffer, menemukan bahwa kesepian adalah tantangan kedua yang paling banyak dilaporkan dan dialami oleh 19% responden. Kesendirian dapat membuat kita merasa kurang termotivasi dan kurang produktif. Dengan menjaga semangat, mendengarkan musik, melakukan olahraga ringan, dan berinteraksi dengan rekan kerja melalui aplikasi, adalah cara efektif untuk menghadapi masa karantina ini. Ingat, kita tidak sendirian dalam menghadapi situasi ini.

Ini adalah masa-masa yang penuh tekanan, namun pada saat yang sama, oleh karena mengikuti pola kerja baru, situasi ini juga dapat memberikan stimulus untuk pengembangan diri, melakukan pembelajaran baru, dan untuk pertumbuhan skills kita. Manfaatkan situasi ini sebagai sarana untuk menjadi lebih baik, bekerja dan hidup dengan cara yang lebih produktif dan bermakna. Ada banyak pembelajaran yang bisa kita temukan dari proses ini.  Satu hal yang pasti - kita lebih kuat daripada yang kita pikirkan. Pastikan untuk Anda selalu menjaga kesehatan dan keselamatan demi kebaikan bersama.